Articles

 

Ini dia seri Blackberry terbaru sekaligus yang paling canggih yang dihadirkan RIM (Research In Motion), yaitu  BlackBerry 9800 atau yang diberi sebutan ‘Torch’. Blackberry Torch memiliki penampilann desain baru, yaitu berlayar sentuh plus qwerty geser. Selain itu Blackberry Torch juga sudah mengadopsi sistem operasi terbaru, yaitu OS Blakcberry 6. Dan Torch menjadi seri Blackberry yang dibekali OS terbaru ini.

Seperti telah disebutkan, Torch berdesain tombol qwerty geser. Dalam keadaan tombol qwerty tersembunyi, desain dan ukurannya agak mirip dengan Onyx.  Tapi bobotnya terasa lebih berat Torch. Sebagian besar bodi Torch berbahan plastik glosy, kecuali bagian penutup baterai di belakang yang berbahan karet berkontur garis. Torch dihiasi lubang Jack 3,5 mm headset, tombol volume dan tombol kamera di sisi kanan, dan port MicroUSB untuk charger dan kabel data di samping kiri. Di bawah layar disematkan tombol : Trackpad, Call, End Call, Back dan Option (tombol logo Blackberry).

Layar
Layar sentuh di Tocrh tidak lagi bersifat Surepress seperti yang ada pada layar Blackberry Storm. Dimana untuk mengaktifkan fitur tidak cukup dengan menyentuh layar tetapi juga harus menekan layar. Nah, layar sentuh Torch berupa layar sentuh biasa. Seperti RIM belajar dari pengalaman Storm yang banyak penggunanya mengeluh dengan metode layar sentuh Surepress. Tampilan menu di layar Torch terbagi menjadi 5 homescreen (All, Favorite, Media, Downloads, Frequent), yang bisa diganti dengan mengusap layar ke kanan/kiri. Untuk memunculkan tampilan menu utama, dengan ‘menyeret’ ke atas tombol panah yang berada di bagian bawah layar. Sensor gerak sudah dipendam di Torch yang berfungsi untuk Autorotate. Tampilan di layar ini terlihat luas dan tajam.

Selain dengan menyentuh layar, akses menu juga bisa dengan tombol Trackpad. Empat tombol yang ada di sebelah kanan dan kiri Trackpad, sekilas seperti berjenis touchpad, ternyata berupa tombol biasa yang harus ditekan. Untuk mengeluarkan tombol qwerty, cukup geser bagian layar ke atas. Tombol qwerty terasa empuk ditekan, posisinya dan ukurannya juga nyaman. Ternyata layar sentuh Torch juga menyimpan tombol qwerty virtual di layar.

Internet
Mengakses internet di Torch terasa cepat. Ini karena Torch bisa mensuport hingga jalur HSDPA/HSUPA (3,5 G). Atau juga bisa inetrnet di hotspot via koneksi WiFi. Saat browsing, browser bisa membuka beberapa situs sekaligus (multitasking). Selain itu situs apa saja yang sedang dibuka bisa dilihat secara berjejer. Dan ini merupakan fitur baru yang dibawa OS Blackberry 6. Browser dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti : Find on Page (mencari kata), Send Page Address (mengirim alamat situs), Copy Page Address, dan Search (via Google, Yahoo, Live Search, Wikipedia, Dictionary.com). Untuk Zoom In/Out halaman situs bisa dengan cara ‘mencubit’ layar atau multitap (dua kali tekan layar). Saat halaman situs diperbesar, bisa memilih bagian mana dari situs yang ingin dilihat, dengan cukup mengusap layar.

Social Feed
Social Feed juga menjadi fitur baru yang dibawa OS Blackberry 6. Fitur ini bisa menggabungkan update status dari Facebook, Twitter, My Space, dll. Juga bisa ditambahkan RSS Feeds dan chatting dari Blackberry Messenger, Google Talk, AOL Instant Messaging, Windows Live Messenger dan Yahoo Messenger. Tapi bisa juga difilter sehingga ditampilkan per aplikasi. Untuk berganti antar aplikasi, cukup usap layar ke kanan atau kiri. Di sini juga bisa hanya dengan mengetikkan satu status, maka akan dikirimkan ke beberapa aplikasi sekaligus (Facebook, Twitter, dll). Untuk bisa merasakan fitur ini, maka harus Log In terlebih dahulu ke tiap aplikasi online.

Kamera
Untuk mengabadikan momen tertentu, Torch dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel. Di dalamnya ditemani fasilitas seperti: Autofocus, Flash, Face Detection, Portrait, Sport, Landscape, Close up, Image Stab ilization, Scene dan Geotagging.  Hasil foto dan bisa dikirim via email, MMS atau ke facebook. Kamera juga bisa merekam video, dengan hasilnya berupa video berresolusi maksimal 640 x 480 piksel. Foto bisa dilihat secara Zoom In/Out dengan cara ‘mencubit’ atau multitap layar. Ada fitur View On Maps untuk melihat lokasi pemotretan foto pada peta digital.

Musik
Music Player di Torch memiliki tampilan baru, yaitu adanya tampilan animasi dari Album Art (gambar yang menyertai lagu) yang dimiliki tiap lagu. Jadi untuk ganti lagu cukup mengusap Album Art ke kana atau kiri. Music Player-nya sendiri dilengkapi dengan fitur Playlist, Shuffle, Repeat, Equalizer (12 pilihan) dan Audio Boost. Suara lagu yang keluar dari speaker di bodi atas terdengar nyaring dan jernih.

Maps
Torch sudah ditanamkan GPS Receiver, yang dalam bekerja dibantu peta digital Blackberry Maps. Saat mengaktifkan Blackberry Maps, otomatis langsung mendeteksi dimana lokasi ponsel berada. Setelah itu bisa mengirim titik lokasi itu (Send Location), mencari lokasi tertentu lainnya (Find Location) atau mengetahui rute menuju ke lokasi tertentu (Get Direction). Tampilan peta digital bisa di Zoom In/Out dengan cara ‘mencubit’atau multitap. Jangan lupa, akses Blackberry Maps membutuhkan koneksi internet

Mobile Office
Torch ternyata bisa digunakan untuk membantu pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan dokumen. Ini karena sudah ada fitur Mobile Office yang terpendam di ponsel. Fitur ini masih bersifat trial, tapi selain membuka file office (word, excel, power point), ternyata juga bisa mengedit file office langsung dari ponsel. Sedangkan untuk membuat file baru harus diupgrade ke versi full dengan cara membeli. Mobile Office antara lain dilengkapi fitur ‘Copy/Cut – Paste’ teks, dan fitur ‘Find’ untuk mencari kata tertentu, dan fitur lainnya. Mobile Office juga sudah mensuport file Office 2007

App World
Blackberry Application World (App World) merupakan toko online untuk mendownload aplikasi dan game. Di Torch, App World yang terinstall sudah berversi 2.0 (terbaru). Fitur baru yang dihadirkan yaitu adanya Blackbery ID (pendaftaran). Lalu ada Barcode yang ketika di-scan akan menampilkan info dari aplikasi. Sistem pembayaran untuk membeli aplikasi juga semakin mudah, via PayPall atau kartu kredit. Serta menu ‘Top 25’ yang bisa menampilkan 25 aplikasi terfavorit lebih komplit berdasarkan kategori : recently update, paid apps, free apps, newest. Jika belum memiliki Blackberry ID bisa langsung membuatnya di App World.

Spesifikasi :

Jaringan GSM (850/900/1800/1900 MHz); Sistem Operasi Blackberry OS 6.0; Dimensi : 11,1 (close)/1,48 (open) x 6,2 x 1,46 cm; Berat 161,1  gram; Layar : TFT Touch Screen 480 x 360 pixels 3,2  inchi; MemoriInternal : 512 MB flash memory / 512 MB SDRAM; 4 GB eMMC; Memori Eksternal : micro SD hingga 32 GB, 4 GB included; Internet :  GPRS, EDGE, UMTS (3G), HSDPA, HSUPA, WI-FI; Koneksi : Bluetooth, Kabel Data microUSB; Messaging SMS, MMS, Email, Instant Messaging; Kamera 5  Megapiksel (2592 x 1944 pixels);Video Recorder : 640×480 pixels, Auto focus Image Stabilization Scene Durasi unlimited; Video Player: MPEG4, H.263, H.264, WMV3; Musik Player: MP3, AMR-NB, AAC-LC, AAC+, eAAC+, WMA, WMV, Flac, Ogg Vorbis, Equalizer, Shuffle Audio Boost; Fitur Lain : Task Timer  Alarm Calendar Stopwatch Memo calculator Note Clock FaceBook Twitter BlackBerry Messenger My Space Social feeds  GPS Application World Yahoo Messenger Google Talk AOL Messenger Windows Live Messenger Office To Go Voice recorder

sumber pilihponsel.com